Wisata Kuliner | Makanan Khas Lebaran Kepulauan Riau

Wisata Kuliner | Makanan Khas Lebaran Kepulauan Riau. Ada yang unik dari provinsi yang memiliki kultur budaya Melayu ini karena di sini ada sebuah kuliner khas yang bernama unik yaitu Batang Buruk. Namun jangan cepat-cepat ambil kesimpulan dari namanya saja bila kita belum mencobanya. Ternyata rasanya sangat enak dan nikmat berbanding terbalik dengan namanya. Hal ini tidak terlepas dari sejarah dan filosofi sehingga kue ini dinamakan Batang Buruk.
Wisata Kuliner | Makanan Khas Lebaran Kepulauan Riau

Kue batang buruk pada jaman dahulu adalah makanan yang diperuntukan bagi kaum kerajaan dan bangsawan oleh karena itu tidak sembarang orang dapat menikmatinya. Ada filosofi “Biar pecah di mulut jangan pecah di tangan” yang maksudnya adalah saat memakan ini bila kita salah menggigitnya maka kue akan berhamburan di tangan dan pakaian. Seseorang yang berantakan karena terlalu nafsu memakannya maka mencermikan kepribadian dari dirinya yang buruk.

Resep dari kue batang buruk cukup mudah dan sederhana yaitu kulit popia atau lumpia, campuran tepung kacang hijau, susu dan gula halus. Pada saat sekarang ini kue ini dapat dinikmati oleh siapa saja namun filosofinya tetap melekat oleh karena itu hati-hati dalam menikmatinya. Saat lebaran adalah waktu yang paling tepat menemukan dan mencicipi kuliner Kepulauan Riau ini karena setiap rumah tidak akan lupa untuk menyajikannya.

Demikian artikel Wisata Kuliner | Makanan Khas Lebaran Kepulauan Riau. Semoga bermanfaat dan menjadi reerensi pengeatahuan kita bersama. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *