Rute Perjalanan Bekasi ke Cianjur Lewat Jonggol

Yuk ikuti perjanalan  rute dari Bekasi ke Cibarengkok, Cianjur, Jawa Barat. Untuk touring kali ini saya menggunakan motor selain irit dan murah juga karena saya ngga punya mobil he..he..

Saya akan membagi dalam 3 rute global:

1. Bekasi – Cileungsi lewat Bantar gebang
2. Cileungsi – Ciranjang lewat Jonggol
3. Ciranjang – Cibarengkok
Ya biar tidak bingung aja, karena ada beberapa pilihan jalur namun saya di sini coba uraikan yang jalur utama saja karena selain mudah cukup nyaman juga.

1. BEKASI – CILEUNGSI LEWAT BANTAR GEBANG

Kita pilih rute lewat bantar gebang karena lebih mudah tak banyak kelokan. Sebenarnya ada jalur alternatif lewat Pekayon ke Kota Wisata Cibubur namun tidak saya sarankan karena jalurnya sempit dan banyak perempatan yang akan membuat anda bingung. Oke, dari stadion bekasi lurus saja menyusuri jl Ahmad Yani, hati-hati di ujung jl Ahmad Yani setelah Jembatan tol, di perempatan Rawa panjang kita belok kanan. Dari sini kita akan menyusuri Jl Raya Narogong, jalannya cukup lebar karena ada 4 lajur namun tetap kita harus berhati-hati dengan banyaknya lubang akibat tergerus air hujan. Lurus saja terus dan akan sampai di Flyover Cileungsi, jarak tempuh sekitar 17 KM sedangkan waktu tempuh 40 menit.

2. CILEUNGSI – CIRANJANG LEWAT JONGGOL

Melewati jalur ini kewaspadaan dan kehati-hatian harus benar-benar diperhatikan. Trek yang kita lalui ini merupakan yang penuh tantangan, jalur yang disediakan hanya 2 sehingga cukup sempit dan dari Cileungsi sampai Cariu sangat padat kendaraan. Bahkan terkadang macet di Taman Buah Mekarsari dan pertigaan Cibarusah.
Selepas Cariu kendaraan akan berkurang namun harus melalui beberapa tikungan tajam. Di jalan Transyogi menuju Cikalong anda akan dihadapi oleh jalur naik turun yang cukup curam. Namun pemandangan yang ada cukup membuat kita fresh area persawahan, perkebunan bahkan hutan .

Rute Perjalanan Bekasi ke Cianjur Lewat Jonggol

Sangat ideal untuk anda beristirahat di sini, apalagi cukup banyak warung-warung tradisional di pinggir jalan ini. Namun bila anda sendiri lebih jangan melewati jalur ini di malam hari karena tak ada penerangan jalan dan cukup sepi.

Setelah melewati Cikalong akan menemui jalur Cianjur-Bandung, kita ambil kiri arah Bandung. Dari sini sekitar 2 KM akan menemui pasar Ciranjang. Tepat di pasar Ciranjang kita belok kanan

3.  CIRANJANG – CIBARENGKOK

Jarak antara Ciranjang ke Cibarengkok sebenarnya cukup dekat hanya 5 KM saja, namun bisa memakan waktu hampir satu jam akibat jalan yang rusak parah. Namun jangan khawatir, kondisi terkini jalan sudah dilakukan pengecoran ulang sehingga cukup mulus dan tentu saja perjalanan hanya 15 menit saja.
Wah akhirnya sampai juga di desa cibarengkok, Cianjur, Jawa Barat ini. Cukup melelahkan namun juga menyenangkan.

4 Comments on "Rute Perjalanan Bekasi ke Cianjur Lewat Jonggol"


  1. Thanks cukup membantu infonya.
    Saya mau ke cianjur tepatnya ke desa cilaku saya dari cikarang tpi saya bingung blm tau jalannya lewat mana.
    Klo bisa infonya.??
    Thnks.

    Reply

  2. kalau Mas Rahmat dari cikarang dapat melalui jalan raya Serang Cibarusah, nanti akan bertemu dengan jalan raya Cileungsi Jonggol yang dekat dengan perumahan Citra Indah.
    demikian dan terima kasih telah berkunjung

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *