Mengenal Tanaman Tapak Dara Cara Menanam Dan Merawatnya

Posted on

Kali ini deasikumbang akan berbagi informasi tentang salah tanaman yang sedang populer yaitu Tapak dara (Catharanthus roseus). Tapak dara merupakan tanaman perdu perennial yang aslinya berasal dari Madagaskar. Daunnya berbentuk bulat telur, berwarna hijau, tersusun menyirip berselingan. Panjang daun sekitar 2-6 cm, lebar 1-3 cm, dan tangkai daunnya sangat pendek. Batang dan daunnya mengandung lateks berwarna putih. Bunga dan daunnya berpotensi menjadi sumber obat ntuk leukemia dan penyakit Hodgkin.

Setiap daerah memiliki penamaan berbeda untuk tumbuhan hias pekarangan ini dikenal dengan bermacam-macam nama, seperti di  Sulawesi : sindapor , Sunda : kembang tembaga  dan Jawa : kembang tapak dårå (bahasa Jawa). Malaysia lebih mengenalnya sebagai kemunting cina, pokok rumput alang, pokok kembang sari cina, atau pokok rose pantai. Filipina  : Tsitsirika, Vietnam : hoa hai dang, Cina : Chang chun Hua, Inggris : Rose Periwinkle, dan Belanda : soldaten bloem.

Cara menanam tapak dari yaitu sediakan biji-biji yang tua, lalu semaikan pada suatu tempat persemaian. Masukkan biji ke dalam tanah, lalu tutup dengan lapisan tanah setebal bijinya. Lakukan penyiraman secara rutin. Bila biji-biji mulai tumbuh, dan tingginya sudah mencapai sekitar 15 – 20 cm, umumnya dapat dipindahkan ke tempat yang diinginkan.

Untuk penanaman di pot, media tanamnya berupa campuran tanah subur, kompos, dan pupuk kandang dengan perbandingan 2: 1: 1. Bibit langsung ditanam, dan setelah itu diletakkan di tempat teduh. Seminggu kemudian, ditempatkan di tempat terbuka. Bila akan ditanam di kebun pekarangan, perlu dibuat lubang tanah berukuran 15 x 151 x 15 cm, dengan jarak di antara lubang 50 cm. Setiap lubang diberi pupuk kandang atau kompos sebanyak 1,5 kg. Masukkan bibit ke dalam lubang, lalu timbun dengan tanah, dan siram.

Perawatan, tapak dara tidak memerlukan perawatan khusus. Yang terpenting disiram dan diberi pupuk, sudah cukup. Pada awal pertumbuhan, gunakan pupuk yang kandungan nitrogennya tinggi, atau pupuk daun yang disemprotkan pada permukaan bawah daun di pagi hari.Kemudian, ketika tanaman mulai berbunga, untuk merangsang pembungaan, dapat digunakan pupuk yang memiliki kandungan fosfor tinggi.

Demikian artikel Mengenal Tanaman Tapak Dara Cara Menanam Dan Merawatnya. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi engetahuan kita bersama. Teriam kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *