Mengenal Bunga Wijaya Kusuma Cara Menanam Dan Merawatnya

Posted on

Kali ini deasikumbang akan berbagi informasi tentang salah satu tanaman hias yang sangat terkenal yaitu Wijaya Kusuma (Epiphyllum anguliger). Walaupun namanya Indonesia namun ternyata bukan bunga asli nusantara karena justru berasal dari Amerika Latin yaitu Venezuela yang dibawa oleh para pedagang China saat itu.

Tanaman wijaya kusuma merupakan keluarga dari kaktus. Batangnya terbentuk dari helaian daun yang mengeras dan mengecil. Daunnya memiliki warna hijau, pipih, dengan permukaan halus tidak berduri, berbeda dengan kaktus-kaktus pada umumnya. Tepian nya terdapat tekukan yang ditumbuhi tunas daun atau bunga. Dapat tumbuh baik di tempat yang tidak begitu panas.

Bunganya mekar saat pagi hari dan kembali menguncup saat sore hari. Bunga yang muncul bisa bertahan sampai seminggu. Walaupun demikian puncak mekar dan mewanginya hanya beberapa jam saja dan terjadi saat malam hari. Tanaman wijaya kusuma juga tidak semua dapat berbunga dengan mudah, tergantung dari iklim, cara pemeliharaan dan kesuburan tanah.

Cara menanam dan memperbanyak Wijaya Kusu

ma dari hasil stek batang. Kebutuhan air tidak terlalu banyak sehingga cukup disiram 2 kali seminggu. Sebaiknya tempatkan di area yang teduh.

Tanaman wijaya kusuma yang sering dijuluki ratu mala mini  juga memiliki berbagai mitos mulai

dari keberuntungan, meningkatkan derajat yang memilikinya namun juga mistis karena konon ini merupakan bunga kesayangan ratu laut selatan. Namun semua kembali kepada kita apakah mempercayai nya atau tidak.

Demikian artikel Mengenal Bunga Wijaya Kusuma Cara Menanam Dan Merawatnya. Emoga bermanfaat dan menjadi referensi pengetahuan kita bersama. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *