Mengenal Anthurium Cara Menanam Dan Perawatannya

Posted on

Kali ini deasikumbang akan berbagi informasi tentang salah satu tanaman hias yang sedang populer dan viral dikalangan pecinta flora yaitu Anthurium. Tumbuhan ini berasal dari Amerika Utara tepatnya hutan Amazon yang beriklim tropis yang sama dengan Indonesia oleh karena itu kesamaan iklim ini menjadikan Anthurium sangat cocok untuk ditanam dan dikembangkan di Indonesia.

Ada beberapa jenis anthurium yang dikenal masyarakat antara lain

  • Anthurium Jenmanii, memiliki ciri daun ynag tebal, kokoh dan kompak
  • Anthurium Gelombang Cinta, daunnya berbentuk lebar, bergelombang, serta bentuk urat yang menonjol
  • Anthurium Andreanum, ada juga yang menyebut dengan nama tail flower, flamengo atau juga laceleaf
  • Anthurium Hookeri, memiliki bunga yang lebar dan tinggi serta daun yang lebih tipis.
  • Anthurium Corong, sesuai dengan namanya daun nya memiliki bentuk yang memanjang dan berbentuk corong
  • Anthurium Keris, bentuk daun memanjang dan bergelombang mirip keris

Adapula anthurium jenis lainnya seperti Anthurium Mini Pink, Anthurium Medium Putih, Anthurium Bangkok Putih, Anthurium Bangkok Pink, Anthurium Lokal Merah atau juga Anthurium Bangkok Merah.

Pembibitan anthurium dapat dengan teknik stek maupun biji. Teknik stek lebih mudah dlakukan dan tingkat keberhasilannya tinggi sebab tanaman telah dewasa dan memiliki akar. Berbeda dengan teknik biji dimana kita harus benar memiliki pengetahuan yang cukup seperti  dalam pemilihan biji antara betina dan jantan, lalu mengawinkan keduanya hingga tumbuh buah setelah itu diperlukan perlakuan khusus yang memerlukan keahlian dan kehati-hatian.

Namun walau pun sulit, teknik pembibitan dengan biji memiliki keunggulan dalam hal jumlah bibit yaitu jumlahnya bibit yang dihasilkan cukup banyak sedangkan bila dengan stek jumlahnya terbatas dan membutuhkan lahan yang cukup luas.

Untuk media tanam, bahan yang diperlukan adalah sekam bakar, sekam biasa dan pasir. Perbedaan sekam  bakar dengan sekam biasa yaitu sekam bakar tidak menyerap terlalu banyak air. Bila terlalu banyak air maka tanaman pun akan terganggu pertumbuhannya hal ini karena akar menjadi busuk sehingga pasokan nutrisi akan terganggu. Oleh karena itu walaupun disarankan penyiraman setiap haru namun tetap perhatikan kadar air dalam medianya.

Demikian artikel Mengenal Anthurium Cara Menanam Dan Perawatannya. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi pengetahuan kita bersama. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *