Manusia, Tempat Dan Lingkungan | IPS kelas 7 SMP bagian 3

Posted on

Sebelum melanjutkan, pelajari terlebih dahulu Manusia, Tempat Dan Lingkungan | IPS kelas 7 SMP bagian 2

B. Letak dan Luas Indonesia

1. Pemahaman Lokasi Melalui Peta

Lokasi suatu tempat dapat dilihat pada sebuah peta. Peta adalah gambaran permukaan bumi pada suatu bidang datar dan diperkecil dengan menggunakan Skala. Pada peta terdapat seJumlah informasi yang menyertainya. Kalian harus mampu membaca peta agar dapat memperoleh berbagai informasi yang dibutuhkan.

Bagaimanakah   memperoleh informasi pada sebuah peta? Untuk menjawab pertanyaan tersebut perhatikanlah peta berikut ini.

Wawasan

Bangsa Babilonia merupakan pembuat peta petunia yang digambar pada bidang datar sekitar 2.300 SM. Peta tersebut digambar pada tanah Hat berbentuk yang dibentuk sepeni papan tulis berukuran kecil.

Sebuah peta terdiri atas beberapa komponen penyusunannya. Komponen penyusunannnya terdiri atas judul peta, skala peta. Orientasi peta, simbol peta, garis astronomis, inset, legenda dan sumber peta.

a. Judul Peta

Judul peta menunjukkan isi suatu peta. Sebagai contoh, judul sebuah peta, “peta penggunaan lahan di Indonesia”, maka isi dari peta tersebut adalah sebaran penggunaan lahan yang ada di Indonesia berupa pemukiman, hutan, perkebunan, dan lain-lain.

b. skala peta

Skala peta menunjukan perbandingan antara jarak di peta dengan jarak sesungguhnya di lapangan.

contoh, skala sebuah peta adalah 1 : 1.000.000, berarti objek yang jaraknya 1 cm di peta berbanding dengan 1.000.000 cm atau 1 km di lapangan. Skala peta dapat dibedakan menjadi skala angka dan skala garis atau grafis.

1). Skala angka

Skala angka berwujud perbandingan angka, misalnya 1:10.000.  Jika tidak disebutkan satuannya di belakang angka tersebut berarti satuan yang digunakan adalah cm, sehingga skala angka terscbut dibaca 1 cm di peta sama dengan 10.000 cm di lapangan.

2). Skala Garis atau grafis

Skala Garis adalah skala peta yang berbentuk garis dengan ukuran tertentu. Skala garis biasanya terdapat dalam konten legenda.

Jika contoh skala garis tersebut dibuat skala angkanya, angka skalanya adalah 1 : 500.000 karena 1 cm di peta berbanding 5 km di lapangan. Satuan dalam kilometer diubah menjadi cm. sehingga 5 km jika diubah ke dalam cm menjadi 500.000 cm. Karena itu, skala peta menjadi I : 500.000

c. Orientasi Utara

Biasanya sebuah peta memiliki orientasi arah utara. Bentuk orientasi ditunjukkan olch simbol berbentuk panah dengan bentuk yang bervariasi. Penempatannya pada kolorn legenda atau pada bagian yang kosong di muka peta.

One thought on “Manusia, Tempat Dan Lingkungan | IPS kelas 7 SMP bagian 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *