Manusia, Tempat Dan Lingkungan | IPS kelas 7 SMP bagian 2

Posted on

Sebelum melanjutkan simak terlebih dahulu Manusia, Tempat Dan Lingkungan | IPS kelas 7 SMP bagian 1. Ada beberapa kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi keuangan yaitu saling melengkapi (complementary), kesempatan antara (intervening opportinity) dan keadaan dapat diserahkan / dipindahkan (transferbility).

Manusia, Tempat Dan Lingkungan

1. Saling Melengkapi (complementary atau Regional complementary)

Kondisi saling melengkapi terjadi jika ada wilayah-wilayah yang berbeda komoditas yang dihasilkannya. Misalnya, wilayah Bandung merupakan penghasil sayuran, sedangkan wilayah Ciamis merupakan penghasil ikan. Wilayah Bandung membutuhkan ikan, sedangkan wilayah Ciamis membutuhkan sayuran. Jika masing-masing memiliki kelebihan (surplus), maka wilayah Bandung melakukan interaksi dengan wilayah Ciamis melalui aktivitas perdagangan atau jual beli.

2. Kesempatan Antara (Intervening Oppurtinity)

Kesempatan antara menrupakan suatu lokasi yang menawarkan alternatif lebih baik sebagai tempat asal maupun tempat tujuan. Jika seseorang akan membeli suatu produk maka ia akan memperhatikan faktor jarak nya dan biaya untuk memperoleh barang tersebut. Contohnya wilayah A biasanya membeli ikan ke wilayah B namun kemudian diketahui wilayah C juga penghasil ikan. Karena wilayah C jaraknya lebih dekat dan ongkos transportasi nya lebih murah para pembeli ikan dari wilayah A akan beralihmembeli ikan ke wilayah C. akibatnya interaksi antara wilayah A dan B melemah.

3. KemudahanTransfer (Transfer Ability)

Pengangkutan harang atau juga orang memcdukan biaya. Biaya untuk terjadinya interaksi tcrsebut harus lebih rendah dibandingkan dengan kcuntungan yang diperolch. Jika biaya terscbut terlalu tinggi dibandingkan dcngan keuntungannya, maka interaksi antar ruang tidak akan tcrjadi. Kemudahan transfer dan biaya yang diperlukan juga sangat tergantung pada ketersediaan infrastruktur (sarana dan prasarana) yang mcnghubungkan daerah asal dan tujuan. Jalan yang rusak dan sulit untuk dicapai akan mengurangi kemungkinan terjadinya interaksi karena biaya untuk mencapainya juga akan lebih mahal. Sebagai contoh, seseorang akan menjual sayuran dari wilayah A ke wilayah B. namun jalan menuju wilayah B mengalami kerusakan, sehingga tidak bisa dilalui. Akibatnya, orang tersebut tidak jadi menjual sayuran ke wilayah B.

Demikian materi Manusia, Tempat Dan Lingkungan | IPS kelas 7 SMP bagian 2. semoga bermanfaat dan berguna bagi rekan-rekan. terima kasih.

Silahkan melanjutkan ke Manusia, Tempat Dan Lingkungan | IPS kelas 7 SMP bagian 3

2 thoughts on “Manusia, Tempat Dan Lingkungan | IPS kelas 7 SMP bagian 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *