Jalan-Jalan Ke Panorama Tabek Patah Sumatera Barat

Posted on

Kali ini deasikumbang akan berbagi informasi tentang salah satu objek wisata di Sumatera Barat yaitu Panorama Tabek Patah yang berlokasi di nagari atau desa Tabek Patah, kecamatan Salimpaung, kabupaten Tanah Datar. Merupakan wisata alam yang indah dan sejuk karena dikelilingi oleh perbukitan. Menurut sejarah di lokasi ini merupakan tempat beristirahat oleh penjajah belanda.

deasikumbang: Panorama Tabek Patah

Asal usul nama Tabek Patah berasal dari kata tabek yang artinya kolam dan patah berasal dari terjadinya bukit runtuh sehingga menjadikan kolam ini terbagi dua yaitu Talago Pakis yang terletak di bagian selatan dan Aie Taganang yang berada  di sisi utara. Sayangnya saat berkunjung ke sana kita tidak sempat menanyakan bagian-bagian tersebut.

Panorama Tabek Patah dapat dikatakan objek wisata masih baru jadi belum terlalu dikenal oleh masyarakat luas. Informasi tempat ini pun kami dapatkan dari saudara kami saat kami mudik ke tempat nenek. Rencananya kami akan ke Istana Basa Pagaruyung di Batusangkar dan Danau Singkarak lalu disarankan untuk singgah ke sini. Ternyata cukup dekat lokasinya dengan rumah nenek hanya sekitar 3 kilometer saja.

Agak ragu juga sebenarnya saat memasuki area  Panorama Tabek Patah karena di ujung jalan terdapat sebuah pagar besi besar. Ternyata itu merupakan gerbang masuknya dan ada loket tiketnya.

deasikumbang: Panorama Tabek Patah

Ini dia harga tiketnya. Dibedakan antara wisatawan domestik dengan mancanegara. Untuk domestik, anak-anak 3,000 dan dewasa 5,000. Sedangkan bagi turis asing, anak-anak 5,000 dan dewasa 7,000.

Begitu masuk langsung menjumpai tulisan Panorama Tabek Patah yang ukurannya sangat besar. Dan tentu saja kita tidak melewatkannya untuk berfoto. Tidak afdol rasanya kalo kita mengunjungi sebuah objek wisata tidak ada foto dengan latar belakang tulisan tempat tersebut. Bagi yang senang berfoto tentu merupakan surga, karena banyak sekali spot-spot yang sangat menarik. Ini dia sebagian koleksi hasil jeprat-jepret nya

Maaf ya beberapa photo terlihat seperti buram namun itu karena kabut sedang turun, jadi hasil jepretannya tidak cerah. Namun rekan-rekan dapat bayangkan sejuk bahkan cenderung dingin saat berada di sana.

Ketika berkunjung ke Panorama Tabek Patah, rekan-rekan harus perhatikan juga tata tertibnya seperti berikut:

Exif_JPEG_420
  1. Dilarang buang sampah sembarangan
  2. Dilarang mengotori merusak fasilitas yang ada
  3. Dilarang membawa senjata api / narkoba dan sejenisnya
  4. Dilarang berjualan tanpa sepengetahuan atau tanpa melapor ke pihak pengelola
  5. Pengelola berhak menegur bahkan mengeluarkan pengunjung

Perhatikan juga himbauan dari pengelola Panorama Tabek Patah

  1. Pengunjung yang membawa anak kecil diwajibkan menjaga keselamatan dan keamananan putra-putrinya
  2. Harap bergantian dan sopan untuk menaiki rumah pohon
  3. Pengunjung yang menaiki rumah pohon harap tidak duduk di pembatas rumah pohon
  4. Mengikuti segala tata tertib dan aturan di kawasan tanpa terkecuali

Demikian artikel Mengunjungi Panorama Tabek Patah Sumatera Barat. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi tujuan wisata rekan-rekan bersama keluarga dan rekan tercinta. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *