Bunga Bakung atau Lily Cara Menanam Dan Merawatnya

Posted on

Kali ini deasikumbang akan berbagi informasi tentang salah satu tanaman hias yang sangat terkenal yaitu Bunga Bakung atau disebut juga dengan bunga Lily nama yang diambil dari genus nya yaitu Lilium. Dalam mitologi Yunani, bunga bakung dianggap berasal dari air ratu dewa. Sehingga sangat dihormati masyarakat Yunani sekaligus menjadi simbol kemurnian, kebijakan, kesucian, keindahan, kemakmuran, persabatan serta pengabdian. Ada pula yang mempercayai bila kita menanam bunga bakung di halaman rumah, maka keluarga kita akan dijauhkan dari segala penyakit.

Bunga bakung tumbuh dari umbi. Tanaman ini sangat tangguh dan mudah beradaptasi dengan hampir semua iklim dan lokasi. Dengan perawatan dan pengetahuan yang minim, dapat ditanam oleh siapa saja dan di mana saja. Cara menanamnya harus memilih umbi yang tepat yaitu yang sehat harus bagus dan memiliki sisik yang kokoh, tanpa memar atau luka, serta yang penting harus memiliki akar yang bagus, tebal dan berdaging tumbuh darinya.

Tanaman ini memiliki cukup banyak jenis ada sekitar 110 suku, yang  masing-masing memiliki perbedaan yang mencolok, baik dari warna, bentuk bunga, hingga karakteristik tanamannya.

Berikut beberapa jenis dari Bunga Bakung atau Bunga Lily

Lilium auratum (bakung cahaya emas jepang) : Bentuknya menarik, warna mencolok dan aromanya harum, penggunaan utamanya sebagai bunga potong. Sering disebut juga sebagai.

Lilium bulbiferum : Keunggulan utama dari bunga bakung bulbiferum adalah umbinya yang dapat dikonsumsi

Lilium canadense : Bunganya memiliki aroma yang harum, sehingga sering diekstrak untuk dijadikan bahan pembuatan parfum.

Lilium candidum : Jenis bunga bakung yang memiliki kandungan obat pada umbinya, sering dimanfaatkan dalam dunia farmasi.

Lilium henry i: Sering dimanfaatkan sebagai obat, yakni sebagai obat mual dan muntah pada masa masa kehamilan serta digunakan sebagai pereda kongesti (penimbunan darah).

Lilium japonicum : memiliki nilai gizi yang tinggi dan digunakan untuk meredakan penyakit dada.

Lilium longiflorum : Memiliki bentuk bunga yang unik dan warna yang mencolok, sering dijadikan tanaman hias untuk taman-taman dan halaman rumah.

Lilium martagon : Merupakan jenis bunga bakung yang cukup langka, memiliki bunga yang menarik, namun lebih sering dijadikan pengobatan karena mampu meringankan gejala sakit jantung.

Lilium pardalinum Memiliki umbi yang agak keras dan berukuran agak besar, serta memiliki rasa yang enak, sehingga umbinya bisa dikonsumsi dengan diolah terlebih dahulu.

Lilium regale : Bentuk tanamannya tegak dan agak tinggi, hidup secara berkelompok. Sangat cocok dijadikan sebagai tanaman pagar atau pembatas

Lilium speciosum Selain beraroma harum, spesies bakung satu ini bisa memiliki nektar yang begitu manis. Sehingga lebah yang mengumpulkan nektarnya akan menghasilkan madu yang manis dan harum.

Lilium tigrinum : Hampir mirip dengan lilium bulbiferum, memiliki umbi yang enak dan dapat dikonsumsi.

Bakung Gunung

Bakung Macan

Bakung Madonna

Bakung Oriental

Bakung Pink

Bakung Terompet

Bakung Bangkok

 

Demikian artikel Bunga Bakung atau Lily Cara Menanam Dan Merawatnya. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi pengetahuan kita bersama. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *